Rabu, 10 Februari 2010

Diskusi Kelompok


09-047 Sugiman
09-089 Vina Yuliana

Bagaimana pandangan dan penilaian kelompok anda sehubungan dengan kewajiban setiap mahasiswa/i yang mengikuti mata kuliah psikologi pendidikan 3 sks TA 2009-2010 harus memiliki e-mail dan blog ditinjau dari uraian psikologi pendidikan dan fenomena di indonesia medan khususnya?
Menurut kelompok kami kewajiban untuk memiliki e-mail dan blog merupakan sebuah anjuran yang sangat baik ditinjau dari berbagai sisi, terutama dari segi Psikologi Pendidikan yang notabenenya merupakan sarana untuk meneropong segi Psikologis dari Pendidikan Indonesia.
Lebih jauh, dengan adanya kewajiban memiliki blog dan e-mail ini diharapkan sebagai mahasiswa, kita memiliki bekal untuk bisa berpindah dari hanya sekedar pembelajaran tatap muka menjadi kolaborasi antara tatap muka dan e-edutainment ( edukasi elektronik ), apalagi jika melihat pendidikan Indonesia yang mulai mengarah pada Cyber Learning, maka kewajiban memiliki blog dan e-mail rasanya memang hal yang masuk akal.
Kita tidak bisa mentolerir berbagai alasan yang mengatakan bahwa hal itu tidak perlu dilakukan, bagaimanapun juga arus teknologi memang telah menjadikan e-mail dan blog ini sebagai kewajiban bahkan sampai ada ungkapan yang mengatakan e-mail merupakan salah satu kebutuhan hidup dalam berkomunikasi.
Oleh karena itu, kepemilikan e-mail dan blog mutlak diperlukan. Untuk selanjutnya apabila kita kerucutkan sampai pada ruang lingkup Medan, maka kita bisa melihat aktivitas berselancar di dunia maya atau Online ( selanjutnya disingkat OL ) seolah menjadi kebutuhan hidup yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, dari anak kecil sampai yang sudah berumur telah mengenal aktifitas OL, otomatis hal ini akan berbanding lurus dengan kepemilikan e-mail dan mungkin sebagian besar diantaranya telah memiliki blog.
Jadi dapat disimpulkan bahwa, kita sebagai insan intelektual harus sudah memiliki e-mail dan blog, terutama untuk pelajar dan mahasiswa. E-mail dan blog sangat membantu para pelajar dan mahasiswa dalam berbagai hal, terutama dalam rangka meningkatkan kreatifitas di dunia pendidikan, berbagi informasi, dan dengan hanya cukup duduk di depan layar kita akan bisa menjelajahi dunia dengan biaya yang relative minim. Akhir kata, marilah kita bersama-sama menggali semua potensi diri guna memperbaiki kwalitas pendidikan di Indonesia ini dengan memanfaatkan berbagi kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi yang kian berkembang.
Demikianlah hasil diskusi yang dapat disimpulkan, dan kami percaya diluar sana masih banyak kepala yang isinya banyak pendapat dan juga pandangan, dan kami akan senang sekali sekiranya ada komentar dan tanggapannya.
Terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar