Rabu, 26 September 2012

Pembahasan kelompok

1. vina yuliana 09-089
2. anisah gayatri 10-072
3. lydia agustina 10-034 
 
Dasar- dasar belajar dari teori skinner adalah: adanya penguatan atau hukuman untuk mempertahankan perilaku atau menghilangkan perilaku yang tidak diinginkan. Hal ini terlihat pada pengalaman pribadi masing-masing anggota kelompok pada kasus 2 dan 3 terlihat adanya penguatan yang mengakibatkan perilaku yang diinginkan atau diharapkan muncul kembali. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi apabila menginginkan perilaku yang diharapkan muncul kembali yaitu konsekuensi dari pemberian penguatan serta waktu pemberian penguatan. Apabila penguatan yang diberikan tidak langsung diberikan, maka frekuensi perilaku akan menurun. Pada kasus ke 3 terlihat adanya konsekuensi penguatan yang diberikan karena anak diajak jalan-jalan setiap minggu karena telah membantu orang tuannya. Pada kasus yang ke 2 terlihat adanya pengaruh dari waktu pemberian pujian .
 
Skinner juga menungkapkan bahwa teknik kontrol paling umum adalah punisment. Pada kasus 1 dapat dilihat pengaruh dari punisment. Skinner juga menyebutkan beberapa dampak negatif dari pemberian hukuman seperti memunculkan reaksi emosional yang tidak diharapkan seperti pada kasus 1 yaitu  muncul rasa kesal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar