2. anisah gayatri 10-072
3. lydia agustina 10-034
Dasar-
dasar belajar dari teori skinner adalah: adanya penguatan atau hukuman untuk
mempertahankan perilaku atau menghilangkan perilaku yang tidak diinginkan. Hal
ini terlihat pada pengalaman pribadi masing-masing anggota kelompok pada kasus
2 dan 3 terlihat adanya penguatan yang mengakibatkan perilaku yang diinginkan
atau diharapkan muncul kembali. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi
apabila menginginkan perilaku yang diharapkan muncul kembali yaitu konsekuensi
dari pemberian penguatan serta waktu pemberian penguatan. Apabila penguatan
yang diberikan tidak langsung diberikan, maka frekuensi perilaku akan menurun.
Pada kasus ke 3 terlihat adanya konsekuensi penguatan yang diberikan karena
anak diajak jalan-jalan setiap minggu karena telah membantu orang tuannya. Pada
kasus yang ke 2 terlihat adanya pengaruh dari waktu pemberian pujian .
Skinner
juga menungkapkan bahwa teknik kontrol paling umum adalah punisment. Pada kasus
1 dapat dilihat pengaruh dari punisment. Skinner juga menyebutkan beberapa
dampak negatif dari pemberian hukuman seperti memunculkan reaksi emosional yang
tidak diharapkan seperti pada kasus 1 yaitu muncul rasa kesal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar