Laporan data observasi:
1.
nama dan NIM observer : vina
yuliana (091301089)
2.
kelas yang diobservasi : XI
MM4 (2-5)
3.
mata pelajaran : sains
(IPA)
4.
nama guru : Ainun
5.
waktu dan durasi observasi :
11.45-12.20 (35 menit)
6.
jumlah siswa :
22 orang
7.
media pembelajaran guru : white
board, spidol, buku paket, laptop, tv LCD, power point berisi materi yang akan
diajarkan
8.
media pembelajaran siswa : buku tulis,
alat tulis, laptop, email
9.
situasi fisik kelas :
- didalam ruangan kelas terdapat
ac dan kipas angin
- ruangan kelas kotor dan siswa
duduk tidak beraturan
- kelas agak ribut karena
banyaknya siswa yang berbicara satu sama lain
10.
alat observasi :
buku, alat tulis
Analisis hasil observasi
Tabel 5.7 kaitan
antara tahapan belajar dengan peristiwa pembelajaran
deskripsi
|
Tahapan belajar
|
Kegiatan pembelajaran
|
Hasil observasi
|
Persiapan belajar
|
1. mengarahkan perhatian
2. ekspektasi
3. retrieval (pengambilan informasi dan/atau keterampilan yang
relevan) untuk dimasukan ke ingatan kerja
|
- Menarik perhatian siswa dengan menggunakan kejadian tidak seperti
biasanya, pertanyaan atau perubahan stimulus
- Memberitahu tujuan belajar
kepada pembelajar
- merangsang ingatan atas belajar yang telah dipelajari sebelumnya
|
-Dalam hal ini guru menarik perhatian siswanya dengan memarahi
anak-anak yang tidak mengirimkan tugas mereka melalui email, sehingga
kelaspun menjadi ribut dan banyak waktu yang terbuang dengan kegiatan ini,
selain itu ada anak dari extrakurikuler yang datang masuk dan melaporkan
kegiatan mereka kepada guru.
-Guru tidak memberitahukan tujuan dari materi yang disampaikan kepada
siswa, beliau Cuma menyampaikan judul materi hari ini saja.
-guru mengingatkan kembali kepada pelajaran minggu lalu yang sedikit
tertinggal
|
Akuisisi dan kinerja
|
4. persepsi selektif atas stimulus
5. penyandian semantik
6. retrieval dan respon
7. penguatan
|
-Menyajikan stimulus dengan ciri yang berbeda
- memberikan bimbingan belajar
-memunculkan kinerja
- memberikan balikan informatif
|
-guru menunjukan berbagai contoh yang berbeda untuk tiapan rumasan
reaksi kimia yang mereka pelajari saat itu
-guru menerangkan kembali pada siswa yang belum mengerti mengenai
reaksi kimia tersebut
-hal ini tidak terlihat dalam
observasi
-tidak ada penguatan yang diberikan, yang terlihat punishment kepada
siswa yang tidak mengirimkan tugasnya ke emai guru
|
8. pemberian petunjuk atau retrieval
9. generalisasi
|
- menilai perbuatan kinerja
- memunculkan kinerja dengan contoh
|
-hal ini tidak terlihat dalam observasi
-Hal ini tidak terlihat dalam observasi
|
Tabel 5.8 kondisi
belajar eksternal yang unik untuk lima ragam
Persiapan belajar
|
Kegiatan pembelajaran inti
|
Transfer belajar
|
Analisis hasil observasi
|
|
Informasi verbal
|
Mengaitkan materi baru dengan kerangka informasi pemelajar
|
Memberikan konteks informasi yang bermakna untuk menyandian.
Memberikan elaborasi, pencitraan, atau petunjuk penyandian lain. Untuk isi
pengetahuan, informasi disajikan sehingga dapat dipelajari sepotong demi
sepotong
|
Memberikan petunjuk untuk retrieval dan generalisasi yang efektif
|
Guru menyajikan materi sepotong demi sepoyong dengan kata lain, guru
memberikan materi mulai dari sub baser ke kecil, sehingga siswa mengerti apa
yang diajarkan
|
Keterampilan intelektual
|
Menstimulasi pengingatan keterampilan prasyarat
|
Memberikan contoh konkret dan aturan yang bervariasi. Memberikan
kesempatan berinteraksi dengan contoh-contoh melalui cara yang berbeda-beda.
Memberikan assesmen dalam situasi baru
|
Menggunakan beragam konteks dan situas baru untuk meningkatkan
transfer
|
Hal ini tidak tampak dari observasi dikarenakan durasi observasi yang
cukup singkat
|
Strategi kognitif
|
Memunculkan ingatan keterampilan intelektual yang dibutuhkan
|
Jika tugasnya spesifik, mendeskripsikan strategi, jika umum; tunjukan
strategi. Memberi kesempatan untuk melatih strategi dengan dukungan dan umpan
balik
|
Memberi masalah yang belum diakrabi untuk pemanfaatan strategi
|
Hal ini tidak terlihat dalam observasi
|
Keterampilan motorik
|
Menunjukan kinerja keterampilan yang akan dipelajari. Menstimulasi
ingatan sebagian keterampilan jika diperlukan
|
Membangun subrutin pelaksanan dan memberikan peluang untuk pelatihan
mental. Mengatur beberapa pengulan keterampilan dengan tanggapan korektif
|
Menyediakan kesempatan melakukan keterampilan dalam latar fisik yang
baru
|
Dalam observasi, guru memberitahukan kepada siswa bahwa akan diadakan
pratikum untuk materi ini, namun karena waktunya tidak cukup, maka hanya materinya
saja yang diajarkan
|
sikap
|
Pemelajar tidak secara langsung diberi informasi tentang tujuan.
Memastikan agar pemelajar menghargai model
|
Memberikan penghargaan pada model yang melakukan perilaku positif dan
memperkuat model. Ketika pembelajar melakukan perilaku itu, ia diberi
penguatan
|
Memberikan kesempatan pemelajar utnuk melanjutkan pelaksanaan
perilaku, dan memberi penguatan
|
Yang terlihat disini adlah punishment berupa cubitan kepada anak yang
tidak mengerjakan tugas, ia bisa menjadi model bagi teman- teman lain apabila
mereka tidak mengerjakan tugas.
|
Testimoni
Observasi
di SMK Tritech adalah pengalaman yang menarik dan berkesan bagi saya, saya
dapat menyadari ternyata perkembangan teknologi sangat berguna apabila kita
memanfaatkannya sebaik mungkin. Terlihat pada sekolah ini, mereka memperguanakn
perkembangan teknologi tersebut dengan baik. Namun disamping keuntungan dari
perkembangan teknologi, adapula kerugiannya dimana pada saat dilakukannya
kegiatan belajar mengajar, banyak anak yang membuka laptop mereka untuk hal-hal
yang tidak berguna seperti bermain game.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar