Minggu, 09 Desember 2012

Analisis hasil observasi di SMK Tritech Informatika




Laporan data observasi:
1. nama dan NIM observer            : vina yuliana (091301089)
2. kelas yang diobservasi                : XI MM4 (2-5)
3. mata pelajaran                           : sains (IPA)
4. nama guru                                  :  Ainun
5. waktu dan durasi observasi        : 11.45-12.20 (35 menit)
6. jumlah siswa                              : 22 orang
7. media pembelajaran guru          : white board, spidol, buku paket, laptop, tv LCD, power point berisi      materi yang akan diajarkan
8. media pembelajaran siswa          : buku tulis, alat tulis, laptop, email
9. situasi fisik kelas                        :
                - didalam ruangan kelas terdapat ac dan kipas angin
                - ruangan kelas kotor dan siswa duduk tidak beraturan
                - kelas agak ribut karena banyaknya siswa yang berbicara satu sama lain
10. alat observasi                            : buku, alat tulis

Analisis hasil observasi
Tabel 5.7 kaitan antara tahapan belajar dengan peristiwa pembelajaran
deskripsi
Tahapan belajar
Kegiatan pembelajaran
Hasil observasi
Persiapan belajar
1. mengarahkan perhatian








2. ekspektasi




3. retrieval (pengambilan informasi dan/atau keterampilan yang relevan) untuk dimasukan ke ingatan kerja
- Menarik perhatian siswa dengan menggunakan kejadian tidak seperti biasanya, pertanyaan atau perubahan stimulus




-  Memberitahu tujuan belajar kepada pembelajar


- merangsang ingatan atas belajar yang telah dipelajari sebelumnya
-Dalam hal ini guru menarik perhatian siswanya dengan memarahi anak-anak yang tidak mengirimkan tugas mereka melalui email, sehingga kelaspun menjadi ribut dan banyak waktu yang terbuang dengan kegiatan ini, selain itu ada anak dari extrakurikuler yang datang masuk dan melaporkan kegiatan mereka kepada guru.

-Guru tidak memberitahukan tujuan dari materi yang disampaikan kepada siswa, beliau Cuma menyampaikan judul materi hari ini saja.

-guru mengingatkan kembali kepada pelajaran minggu lalu yang sedikit tertinggal
Akuisisi dan kinerja
4. persepsi selektif atas stimulus

5. penyandian semantik


6. retrieval dan respon

7. penguatan
-Menyajikan stimulus dengan ciri yang berbeda

- memberikan bimbingan belajar


-memunculkan kinerja


- memberikan balikan informatif
-guru menunjukan berbagai contoh yang berbeda untuk tiapan rumasan reaksi kimia yang mereka pelajari saat itu

-guru menerangkan kembali pada siswa yang belum mengerti mengenai reaksi kimia tersebut

-hal ini tidak terlihat dalam  observasi


-tidak ada penguatan yang diberikan, yang terlihat punishment kepada siswa yang tidak mengirimkan tugasnya ke emai guru

8. pemberian petunjuk atau retrieval

9. generalisasi
- menilai perbuatan kinerja


- memunculkan kinerja dengan contoh
-hal ini tidak terlihat dalam observasi



-Hal ini tidak terlihat dalam observasi

Tabel 5.8 kondisi belajar eksternal yang unik untuk lima ragam

Persiapan belajar
Kegiatan pembelajaran inti
Transfer belajar
Analisis hasil observasi
Informasi verbal
Mengaitkan materi baru dengan kerangka informasi pemelajar
Memberikan konteks informasi yang bermakna untuk menyandian. Memberikan elaborasi, pencitraan, atau petunjuk penyandian lain. Untuk isi pengetahuan, informasi disajikan sehingga dapat dipelajari sepotong demi sepotong
Memberikan petunjuk untuk retrieval dan generalisasi yang efektif
Guru menyajikan materi sepotong demi sepoyong dengan kata lain, guru memberikan materi mulai dari sub baser ke kecil, sehingga siswa mengerti apa yang diajarkan
Keterampilan intelektual
Menstimulasi pengingatan keterampilan prasyarat
Memberikan contoh konkret dan aturan yang bervariasi. Memberikan kesempatan berinteraksi dengan contoh-contoh melalui cara yang berbeda-beda. Memberikan assesmen dalam situasi baru
Menggunakan beragam konteks dan situas baru untuk meningkatkan transfer
Hal ini tidak tampak dari observasi dikarenakan durasi observasi yang cukup singkat
Strategi kognitif
Memunculkan ingatan keterampilan intelektual yang dibutuhkan
Jika tugasnya spesifik, mendeskripsikan strategi, jika umum; tunjukan strategi. Memberi kesempatan untuk melatih strategi dengan dukungan dan umpan balik
Memberi masalah yang belum diakrabi untuk pemanfaatan strategi
Hal ini tidak terlihat dalam observasi
Keterampilan motorik
Menunjukan kinerja keterampilan yang akan dipelajari. Menstimulasi ingatan sebagian keterampilan jika diperlukan
Membangun subrutin pelaksanan dan memberikan peluang untuk pelatihan mental. Mengatur beberapa pengulan keterampilan dengan tanggapan korektif
Menyediakan kesempatan melakukan keterampilan dalam latar fisik yang baru
Dalam observasi, guru memberitahukan kepada siswa bahwa akan diadakan pratikum untuk materi ini, namun karena waktunya tidak cukup, maka hanya materinya saja yang diajarkan
sikap
Pemelajar tidak secara langsung diberi informasi tentang tujuan. Memastikan agar pemelajar menghargai model
Memberikan penghargaan pada model yang melakukan perilaku positif dan memperkuat model. Ketika pembelajar melakukan perilaku itu, ia diberi penguatan
Memberikan kesempatan pemelajar utnuk melanjutkan pelaksanaan perilaku, dan memberi penguatan
Yang terlihat disini adlah punishment berupa cubitan kepada anak yang tidak mengerjakan tugas, ia bisa menjadi model bagi teman- teman lain apabila mereka tidak mengerjakan tugas.

Testimoni
                Observasi di SMK Tritech adalah pengalaman yang menarik dan berkesan bagi saya, saya dapat menyadari ternyata perkembangan teknologi sangat berguna apabila kita memanfaatkannya sebaik mungkin. Terlihat pada sekolah ini, mereka memperguanakn perkembangan teknologi tersebut dengan baik. Namun disamping keuntungan dari perkembangan teknologi, adapula kerugiannya dimana pada saat dilakukannya kegiatan belajar mengajar, banyak anak yang membuka laptop mereka untuk hal-hal yang tidak berguna seperti bermain game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar