Selasa, 18 Desember 2012

Tugas uas psikologi belajar



Dinamika psikologi belajar
                Psikologi belajar adalah salah satu mata kuliah yang ada di fakultas psikologi. Dimana mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang berminat ke bagian psikologi pendidikan. Psikologi belajar mempunyai tujuan instruksional. Dimana tujuan dari mata kuliaha ini adalah agar mahasiswa mampu memahami psikologi belajar berkaitan dengan pendekatan-pendekatan yang dapay dilakukan seperti behaviorisme, humanisme, kognitivisme dan sosial
 Adapun materi-materi yang disajikan pada mata kuliah psikologi belajar adalah sebagai berikut
1. pendahuluan, defenisi dan ruang lingkup psikologi belajar pendidikan
2. pendekatan psikologi belajar melalui behaviorisme
3. pendekatan psikologi belajar melalui humanisme
4. pendekatan psikologi belajar melalui kognitivisme
5. pendekatan psikologi belajar melalui sosial.
                Belajar adalah proses multisegi yang biasanya dianggap sesuatu yang biasa saja oleh individu sampai mereka mengalami kesulitan saat menghadapi tugas yang kompleks. Belajar itu sendiri adalah aspek penting baik bagi individu maupun masyarakat. Dimana aspek-aspeknya adalah sebgai berikut:
1. bagi individu studi “belajar” dapat menjelaskan tentang pemerolehan berbagai kemampuan dan keterampilan, tentang strategi untuk menjalankan peran di dunia, serta tentang sikap dan nilai yang memandu tindakan seseorang
2. belajar adalah penting bagi masyarakat. Untuk mempelajari tentang nilai, bahasa, dan perkembangan kultur dan pengalaman yang diwariskan
3. pemelajar (learner) mengkonstruksikan makna untuk diri mereka sendiri dan dari konteks dimana mereka tinggal. Yakni, individu memilih  informasi dari interaksi antar orang dan kejadian interaktif yang terjadi di keluarga, sekolah, pertemanan, komunitas dan lingkungan kerja
                 Menurut  Clark Hull (1935) mengidentifikasikan tiga kriteria untuk setiap teori:
1. separangkat asumsi explisit yang merupakan keyakinan dasar teoritis tentang suatu fenomena yang akan dibahas.
2. suatu teori harus mencakup defenisi membentuk kerangka teori
3. membentuk tubuh teori
4. teori harus dapat dijelaskan dinamika psikologis dasar dari kejadian yang memengaruhi belajar
Sedangkan menurut Suppes (1974) ada 4 fungsi umum dari teori belajar. Yaitu:
1. sebagai kerangka riset
2. memberi keterangan organisasi untuk item-item informasi
3. mengidentifikasi sifat dari peristiwa yang komplex
4. mereorganisasi pengalaman sebelumnya
5. bertindak sebagai penjelasan kerja dari peristiwa
Sedangkan fungsi spesifik dari teori belajar adalah:
1.sebagai pedoman perencanaan instruksi
2. mengevaluasi produk untuk dipakai dikelas dan praktik belajar yang berlangsung
3. mendiagnosa problem dalam instruksi di kelas
4. mengevaluasi riset berdasarkan teori
Pada bab ini kami diberikan tugas mengenai mind map mengenai teori belajar dan analisis kasus yang berkaitan denga teori
                Didalam mata kuliah psikologi belajar pada pertemuan ke 2, kami mempelajari teori-teori belajar awal, dimana ada teori pengkondisian klasik dan koneksionisme. Pengkondisian klasik adalah melatih refleks untuk merespons stimulus baru membutuhkan pemasangan berulang kali antara stimulus tersebut dengan stimulus yang secara alamiah memunculkan refleks, sebagai hasilnya stimulus yang dikondisikan akan menimbulkan respon yang dikondisikan
                Dalam bab teori-teori belajar awal juga dijelaskan asumsi utama behaviorisme, yaitu perilaku yang dapat diamati adalah fokus studi, yang harus dipelajari adalah elemen yang paling sederhana dari perilaku, dan proses belajar adalah perubahan behavioral.
                Namun psikologi gestalt menentang aliran behaviorisme ia berpendapat yang harus diteliti adalah perilaku molar bukan molekular. Gestalt lebih fokus kepada persepsi dalam belajar
                Pada bab ini kami mengerjakan tugas berkaitan dengan analisa film dan hasil diskusi kelompok yang diposting di blog
                Pada pertemuan ke 3 kami mempelajari bab 4 yang isinya pengkondisian berpenguat skinner. Adapun asumsi dasar dalam pengkondisian berpenguat
1. belajar adalah perubahan prilaku behavioral
2. perubahan prilaku secara fungsional berkaitan dengan perubahan dalam lingkungan atau kondisi
3. hukum relasi antara perilaku dan lingkungan dapat ditemukan hanya jika sifat behavioral dan kondisi experimental didefenisikan dalam istilah fisik dan diamati dibawah kondisi yang terkontrol
4. data dari studi experimental atas perilaku adalah satu-satunya sumber informasi tentang penyebab perilaku yang dapat diterima
5. perilaku subjek individual adalah sumber data yang tepat
6. dimanika interaksi organisme dengan lingkungan adalah sama untuk semua spesies
Perubahan prilaku menurut skinner adalah fungsi dari kondisi dan kejadian lingkungan. Sedangkan belajar adalah perubahan dalam perilaku direpresentasikan dengan meningkatnya frekuensi respons. Selain itu terdapat isu utama dalam desain pengajaran yaitu transfer stimulus kontrol, waktu penguatan, dan hukuman.
Pada bab ini kami mengerjakan tugas berkaitan dengan analisasis kasus pribadi dikaitkan denga teori berpenguat skinner
Pada pertemuan selanjutnya kami membahas bab 9 teori perkembangan psikologi kultural-historis lev S. Vigotsky. Adapun ringkasan dari teori ini adalah sebagai berikut:
1. asumsi :         - kognisi manusia tidak dapat dijelaskan melalui perilaku hewan
- manusia adalah rasional dan mampu mengontrol pikirannya
                                    - perkembangan kognitif dapat dideskripsikan oleh sintesis.dialektis
- perangkat psikologis yang dikembangkan oleh manusia akan mengubah pemikiran mereka
- proses kognitif harus dipelajari dengan cara mengungkapkan dinamika dan sifatnya yang terus berubah
2. perkembangan kognitif: perkembangan fungsi mental komplex yang menggunakan stimuli baik yang sudah ada maupun stimuli yang diciptakan
3. komponen perkembangan : internalisasi tindakan yang pertama kali muncul pada bidang interpsikologis; penguasaan lambang dan simbol kulur dan belajar untuk mengunakannya guna menguasai perilaku
4. hasil perkembanganan kognitif : fungsi mental yang komplex, termasuk atensi yang diatur sendiri, persepsi kategoris, pemikiran konseptual dan memori logis
5. desain pembelajaran untuk keterampilan yang komplex : mengembangkan pengetahuan sadar dan penguasaan pemikiran melalui konsep pengajaran dan penggunaan menulis untuk berfikir
Pada bab ini kami mengerjakan tugas mengenai diskusi kelompok yang berkaitan dengan teori dan diposting di blog
Pada pertemuan selanjutnya membahas bab 6 mengenai perspektif kognitif 1: pemrosesan informasi . adapun ringkasan teori premosesan informasi adalah sebagai berikut
1. asumsi: memeori manusia adalah perorganisasi informasi yang aktif dan mompleks, sistem memori merubah informasi untuk disimpan dan kelak akan diambil kembali dalam memori jangka panjang
2. belajar: proses dimana informasi dari lingkungan dirubah kedalam struktur kognitif
3. hasil belajar: beberapa bentuk struktur kognitif, pandangan yang mengemukana adalah bentuk jaringan semantik.
4. komponen belajar: proses persepsi, pengkodean dan penyimpanan dalam memori jangka panjang
5. isu utama dalam merancang pembelajaran: menghubungkan pelajaran baru dengan pengetahuan yang sudah ada, mengajari siswa untuk memantau pemahaman, dan mengstrukturisasi belajar untuk menfasilitasi pemprosesan.
Pada bab ini kami mencari jurnal yang berkaitan dengan kasus yang sehubungan dengan teori.
Pada ujian mid semester, kami disuruh memilih teori yang bisa diterapkan dalam kelas secara berkelompok, ide dan gagasan dari teori yang akan diterapkan diposting di blog. Kelompok saya memilih teori mengenai skiner yang berhubungan dengan reinseforsment.
Selanjutnya pada pertemuan pertama setelah mid semester dilakukan dilakukan role play tugas mid semester yang telah dibuat sebelumnya.
Pada pertemuan selanjutnya kami mengadakan observasi ke smk tritich informatika. Panduan melakukan observasi menggunakan teori kondisi belajar robert gagne.
Adapun panduan observasi yang saya gunakan adalah tabel 5.7  kaitan antara tahapan belajar dengan peristiwa pembelajaran (halaman 199) yang isisnya berkaitan dengan persiapan belajar, akuisisi dan kinerja, transfer belajar. dan selanjutnya saya membahas dengan tabel 5.8kondisi belajar eksternal yang unik untuk 5 ragam (halaman 203) yang berisi tentang informasi verbal, keterampilan intelektual, strategi kognitif, keterampilan motorik, sikap.
Dengan demikianlah dimnamika psikologi belajar yang kami laksanakan pada semester ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar