Rabu, 10 Oktober 2012

Kreativitas mahasiswa dengan 3 stimulus berdasarkan teori Skinner






Isi leaflet foto 1:
                Mengapa anak perlu diet media? ( diet media, irit energi, hemat listrik)
Anak- anak akan lebih baik menggunakan permainan tradisional dari pada bermain dengan menggunakan gadget-gadget canggih. Karena dengan permainan tradisional seperti sepeda, bermain tali dan bermain bola akan memberikan anak kesempatan untuk mengasah kemampuan motorik, kinestetik dan kemampuan bersosialisasi.
Permainan tradisional lebih baik dibandingkan permainan modren seperti gadget yang membatasi ruang gerak mereka, dan mereka hanya terpaku pada layar media tersebut dan seringkali mengacuhkan lingkungan sekitar mereka.
Dengan membiasakan anak bermain permainan tradisional dan tidak bermain gadget yang akan menguras sumber daya listrik, kita bisa menghemat pemakaian listrik dan bisa menghemat energi

Kaitan dengan teori  Skinner
                Pada saat belajar di kelas, kami dikasi ibu Dina 3 stimulus berupa:
1.       Kertas hvs kosong
2.       Sertifikat seminar
3.       Karton putih berukuran kecil

Kami diminta untuk membuat sebuah produk dengan menggunakan 3 stimulus tersebut, dan pada akhir perkuliahan nanti ibu Dina akan memberikan hadiah untuk 3 orang terbaik dari kelompok kanan dan kiri.
Berkaitan dengan teori Skinner, ada 2 pengkondisian belajar, yaitu penguatan dan hukuman. Dalam hal ini hadiah atau penghargaan yang akan didapatkan oleh 3 orang terbaik dari masing masing- masing kelompok adalah sebuah penguatan. Penguatan dalam bentuk penghargaan ataupun hadiah adalah tipe penguatan yang dikondisikan sehingga memperkuat perilaku melalui asosiasi dengan penguatan sekunder yang sudah ada.

1 komentar: