Senin, 22 Oktober 2012

Tugas jurnal Teori kognitif



TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET SEBAGAI ALAT BANTU PETUNJUK DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN DASAR 9 TAHUN

Penulis  : Yulia Ayriza

Sumber: cakrawala pendidikan, 1995

Pendahuluan
            Berkaitan dengan pentingnya program pendidikan dasar 9 tahun, beberapa pendekatan disiplin telah dilakukan untuk membahasa masalah tersebut. Dalam jurnal ini akan dibahas dengan menggunakan pendekatan psikologi, yang dikhususkan pada aspek kognitif dari peserta didik dan dikaitkan dengan tahap-tahap perkembangan menurut teori Piaget.
            Rentang usia anak pada program pendidikan dasar 9 tahun adalah usia 7-15 tahun. Dimana tingakt SD 6-12 tahun dan tingkat SLTP 13-15 tahun

Landasan Teori
Tahap- tahap perkembangan kognitif menurut Piaget dan tahap-tahap usia pendidikan dasar 9 tahun
Adapun tahap-tahap meliputi:
1.      Tahap sensorimotor (dari lahir- 2 tahun)
2.      Tahap praoperasional (2-7 tahun)
3.      Tahap operasional kongkrit (7-11/12 tahun)
4.      Tahap operasional formal (11/12-14/15 tahun)

Adanya persamaan rentang usia anak SD dengan tahap Praoperasional kongkirit serta rentang  usia anak SLTP dengan tahap operasional formal. Pendidik seharusnya memperhatikan kesamaan tersebut dan menyesuaikannya denga stimulus pendidikan yang diberikan dengan tingkat kematangan anak, sehingga masing-masing fungsi kognitif yang dikembangkan akan mencapai tingkat optimal. 

Ciri-ciri perkembangan kognitif pada tahap operasional kongkrit
1.      Anak mampu memahami realitas berdasarkan pikirnya -à melalui kemampuan konservasi
2.      Desentrasi à menganalisis suatu masalah tidak hanya dari suatu dimensi saja, tetapi juga memperhatikan dimensi lain
3.      Anak mampu memahami proses transformasi à sudah mampu menyelesaikan masalah dengan memperhatikan keadaan sebelumnya, sekarang dan yang akan datang
4.      Kemampuan berfikir reversibleà kerja mental anak dapat dibalik
5.      Pemahaman konsep angkaà subitizing, menghitung, angka ordinal dan cardinal, dan lain-lain
6.      Terbatas pada hal-hal yang kongkrit

Ciri- ciri perkembangan kognitif pada tahap operasional formal
1.      Mampu memikirkan berbagai kemungkinan
2.      Proses berfikir bersifat hipotesis- deduktif
3.      Proses berpikirnya bersifat interproposisionalà memecahkan masalah dengan memikirkan hubungan logis yang mungkin terjalin dengan antara 2 atau lebih dari proposisi yang ada
4.      Kemampuan melakukan kombinasi dan permutasi à mengkonstruksi metode yang efisien dan sistematik untuk menghasilkan semua kombinasi dan permutasi dari sejumlah elemen yang ada
5.      Melakukan inversi dan kompensasi
6.      Strategi pemrosesan informasi lebih sistematisà menggunakan metode yang lebih terencana, strategis dan efisien.
7.      Konsolidasi dan solidifikasi

Hasil
Implikasi teori Piaget pada pelaksanaan pendidikan dasar 9 tahun
Terdapat implikasi teori Piaget den pendidika secara umum yaitu: bahwa perkembangan kognitif pada dasarnya merupakan pengaruh interaksi antara organisme itu sendiri dengan lingkungannya. Oleh karena itu stimulus hendaknya disesuaikan dengan tingkat kematangan anak, sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal. Selain itu ciri- ciri perkembangan kognitif yang terdapat pada teori perkembangan Piaget dapat digunakan sebagai indikator tentang kapan dan bagaimana memberikan stimulasi pendidikan yang efektif agar diperoleh hasil yang memuaskan.

link jurnal klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar